Survei: Jokowi Hebat di Infrastruktur, Lemah di Kebutuhan Bahan Pokok


Merdeka.com - Lembaga survei Parameter Politik Indonesia merilis survei mengenai evaluasi kinerja Presiden Joko Widodo selama lima tahun ini. Dalam surveinya, Parameter Politik Indonesia menemukan bahwa mayoritas publik menganggap Presiden Jokowi hebat dalam kebijakan pembangunan infrastruktur.
"Jadi ini faktor-faktor keberhasilan Jokowi, pertama itu infrastruktur, kemudian bansos, dana desa dan PKH. Program kesehatan seperti Indonesia sehat dan Indonesia pintar (kartu)," beber Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno di kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (15/10).
Kata Adi, secara rata-rata faktor yang dianggap sebagai kesuksesan Jokowi hanya sekitar empat sampai lima poin. Salah satunya yakni dalam bidang ekonomi dengan berkurangnya kemiskinan.
"Bidang pendidikan, kesehatan dan seterusnya," ungkap Adi.
Sebaliknya, dalam hal harga kebutuhan bahan pokok, kata Adi Jokowi dianggap tidak maksimal. Publik menganggap banyak kebutuhan bahan pokok semakin meningkat.
"Kemiskinan dan pengangguran, bantuan sosial yang tidak merata karena sering kali bantuan itu tidak tepat sasaran," beber Adi.
Adi menjelaskan, populasi survei adalah warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilih sesuai undang-undang yang berlaku.
Sampel sebanyak 1.000 responden. Diambil dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Survei ini dilakukan pada 5 hingga 12 Oktober lalu. Ia menyebutkan bahwa pengumpulan data dilakukan dengan metode face to face interview atau bertatap muka menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.
Quality control dilakukan mulai tahap pemilihan dan pelatihan SDM yang berkualitas hingga Spot Check sebanyak 20 persen data.
Reporter: Yopi M
Sumber: Liputan6.com
Sumber:Merdeka.com
Share:

Recent Posts